Pembuatan NPWP di Sidoarjo

Sekitar dua minggu lalu, saya membuat NPWP setelah bekerja selama dua tahun tanpa memilikinya hehee. Saya sebenarnya kurang tahu mengapa harus memiliki NPWP jika sudah bekerja. Karenanya, saya tidak berniat membuatnya, dulu. Tetapi di tempat kerja yang sekarang, saya wajib punya, makanya baru tergerak buat berangkat ke kantor pajak ๐Ÿ˜€

Saya membuat NPWP di Sidoarjo karena pembuatannya disesuaikan dengan domisili KTP. Kota Sidoarjo dibagi menjadi tiga wilayah yaitu Sidoarjo Utara, Sidoarjo Barat dan Sidoarjo Selatan, maka pastikan dulu bagi Anda warga Sidoarjo, domisili kecamatan Anda masuk ke area yang mana. Karena beda area, beda kantor pajak pula.

  • Kecamatan Waru, Gedangan, Buduran dan Sedati melakukan pengurusan di Kantor Pajak Pratama Sidoarjo Utara di Jl.Pahlawan no.55 (bersebelahan pas dengan McD di dekat Perumahan Taman Pinang)
  • Sidoarjo Barat melakukan pengurusan di Kantor Pajak Pratama Sidoarjo Barat Jl.Lingkar Barat GOR Delta (samping gedung sekolah, SMPN 1 Sidoarjo kalo ga salah)
  • Kecamatan di daerah pusat Sidoarjo termasuk ke area Sidoarjo Selatan (kata mbak receptionist) melakukan pengurusan di Kantor Pajak Pratama Sidoarjo Selatan Jl.Raya Jati no.6

Setelah memastikan wilayah mana kecamatan Anda tinggal, jangan lupa membawa KTP dan kartu keluarga baik asli maupun kopian. Sedangkan jika Anda sudah bekerja dan baru pertama kali membuatnya seperti saya, pastikan pula membawa surat keputusan dari perusahaan tempat Anda bekerja beserta dengan ID Card.

Pelayanannya sangat cepat, hanya 15 menit. Antrinya pun tidak panjang. Kartu yang dibuat langsung jadi tetapi tidak bisa langsung dibawa. Anda akan diberikan kopiannya, dan kartu NPWP dalam kurun tiga hari akan dikirimkan dengan pos ke rumah Anda. Jika Anda tidak tinggal di alamat yang tertera di KTP, pastikan memberikan alamat pengiriman alternatif kartu NPWP yang sangat lengkap kepada petugas pajak, menghindari kesalahan kirim.

Jika sudah memiliki NPWP, Anda akan dikenai wajib lapor penghasilan tahunan. Wajib lapor ini akan dikabarkan oleh perusahaan Anda, atau maksimal bulan Maret setiap tahunnya. Dan untuk pembaharuan NPWP atau pengurusan kartu yang hilang, silahkan ke Kantor Pajak Wilayah II di Jl.Semambung (arah ke Bandara Juanda, sebelah kiri jalan, bersebelahan dengan Gedung PJB Service).

Sekian informasi dari saya, semoga bisa membantu bagi Anda yang akan membuat NPWP khususnya daerah Sidoarjo ๐Ÿ˜€ 

Advertisements

monggoh komentar , tapi yang sopan yah :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s