Masyarakat Jaman Sekarang

Reporter : Kenapa Ibu buang sampah ke sungai?

Ibu Jorok : Soalnya deket rumah Mbak.

Reporter : Ibu tau kan buang sampah di sungai bisa bikin banjir?

Ibu Jorok : Tau kok!

Reporter : Terus kenapa Ibu masih buang sampah di sungai?

Ibu Jorok : Soalnya sama Pemerintah ga disediain tempat sampah sih. Andaikata ada pun jauh, lebih deket ke sungai.

See? Bagaimana masyarakat menanggapi banjir? Dia tau dia penyebabnya. Dia tau dia tidak boleh melakukannya. Tapi, dengan menyalahkan orang lain, masalah itu bukan disebabkan olehnya (menurut sudut pandangnya).

Kalo banjir, nyalahin pemerintah yang ga mau nolongin. Diingetin buat ga buang sampah sembarangan, nyalahin pemerintah soalnya ga nyediain tempat sampah di depan pintu rumahnya (biar ga jauh). Kalo kena demam berdarah pas di pengungsian katanya pemerintah cuek ga mau peduli sama mereka. Aduuh. Intropeksi dikit lah. Semua yang kalian alami itu sebenarnya akumulasi perbuatan kalian selama ini yang mendzalimi diri sendiri taukkk! Contohnya saya, saya telat lulus soalnya dulu ngeremehin pelajaran, dianggap masih berasa kayak jaman SMA aja. Sama kayak kalian, kalian di pengungsian karena kalian yang ga bisa jaga lingkungan, banjir kan!? Atau sampel skripsi saya yang ga kering-kering, itu juga karena salah saya. Saya ga mau cepat tanggap dari awal, jadi ga kelar-kelar akhirnya. Sama kayak kalian, buang sampah sembarangan, males jalan jauh, alahh alasan! Ga mikir panjang ya? Kalo banjir yang repot sapa? Kalo air jadi kotor ga layak konsumsi sapa? Kalo banjir, ngungsi, kelaperan sampe sakit ini itu yang menderita sapa?

Aduuuhhh, kompleks banget jadi manusia jaman sekarang. Ribet! Ga mau repot tapi sukanya ngerepotin!

Advertisements

One thought on “Masyarakat Jaman Sekarang

  1. Ya memang segala sesuatu dari kebiasaan kita, kalau kita selalu berperilaku dengan kebiasaan yang baik, maka di mana tempat kita berada pasti selalu berperilaku juga baik. Marilah kita mulai sekarang, mulai dari diri sendiri terus dan terus untuk berperilaku yang baik.

monggoh komentar , tapi yang sopan yah :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s