Reinkarnasi

12 April 1983

Pak Alto memang selalu terlihat gagah dimataku. Belum banyak guru lulusan luar negeri, tetapi dia? Walau lulusan luar negeri tidak jijik membagi ilmu di bangunan reyot macam sekolahku ini. Pakaiannya yang selalu licin disetrika, rambutnya yang selalu klimis, senyumnya yang selalu mengembang, tak pernah marah. Pak Alto. . . .  “Dito, melamun apa? Coba kerjakan soal ini.” seruan Pak Alto membuyarkan lamunanku. Huh.

 

2 Desember 1986

“Tapi Pak, saya…..”

“Dito, kau menyalahi agamamu Nak. Itu tidak normal. Saya lelaki, kamu juga. Sangat tidak masuk akal ketika kamu menyatakan rasa sukamu itu. Itu hanya perasaan kagum, bukan suka, sayang, apalagi cinta. Dito, istighfar Nak. Apa yang kau lakukan itu……”

“Pak, saya sudah dewasa! Saya bukan murid SMA seperti tiga tahun lalu Pak. Ini hak asasi. Ini bukan kesalahan! Hati tidak pernah salah Pak!”

 

14 Februari 2012

“Andini, kamu sudah tiga kali berturut-turut tidak mengerjakan tugas dari saya. Kenapa? Kamu ada masalah?”

“………”

“Andini? Kamu adalah murid teladan SMP tingkat provinsi. Persiapan untuk melaju ke tingkat nasional belum matang, tugas jarang kau kerjakan, kau juga sering datang terlambat, kamu kenapa?”

“Saya ga apa-apa Pak.”

“Sungguh?”

“Saya suka Bapak.”

“Andini?”

“Saya suka Bapak, beneran. Pak Alto itu punya wibawa, ga kayak guru yang lain. Bapak juga sangat mengayomi kami. Saya, saya suka Bapak. Saya ngerasain sosok seorang ayah di Pak Alto.”

“Andini, kamu masih 15 tahun, itu cuma….”

“Terima kasih Pak. Saya ga butuh jawaban. Saya hanya merindukan sosok ayah dalam hidup saya. Saya sudah yatim sejak saya masih di kandungan. Jika perasaan ini salah, saya mohon maaf Pak.”

***

Nama : Andini Sriwedari

Tempat tanggal lahir : Rembang, 8 Januari 1997

Nama orang tua : Dito Fuadi (alm)

One thought on “Reinkarnasi

monggoh komentar , tapi yang sopan yah :)

