God(damned) Particle

Ini loh, partikel yang beberapa waktu lalu mengguncang dunia khususnya dunia fisika. Partikel yang sebenarnya hampir batal saya bahas disini tapi karena saya didorong dengan kekuatan supernya mas CumaKataKata akhirnya saya memenuhi deadline untuk posting tentang partikel ini :mrgreen:

God Particle atau yang lebih dikenal dengan Partikel Tuhan berasal dari buku (lupa pengarangnya) berjudul Goddamned Particle atau Partikel Sialan. Judul buku ini adalah merupakan bentuk kekesalan sang penulis karena kemungkinan ditemukannya partikel ini sangat kecil yaitu 1 : 1.000.000.000. Penerbit tidak ingin mengambil risiko sehingga menghapus kata “damned” dan menyisakan God Particle yang justru menjadikan partikel ini menjadi lebih heboh dibandingkan nama sebelumnya. Sebenarnya partikel ini memiliki nama yang lebih pantas yaitu partikel Higgs Boson. Boson sendiri adalah sebuah partikel dasar yang diklasifikasikan berdasarkan kandungan spin didalamnya. Apa itu kandungan spin? Silahkan cari di buku kimia SMA Anda mengenai Asas Pauli :mrgreen: . Partikel ini dihasilkan dari tumbukan dua partikel dengan muatan yang berlawanan dengan energi tumbukan yang sangat tinggi.

  1. Mengapa membutuhkan energi tinggi? Karena ukuran dari partikel elementer ini dalam satuan SI adalah nano kuadrat atau atto. Pernah lihat iklan oli di televisi yang mengatakan kurang lebihnya seperti ini “oli kami dengan kemampuan nano mampu melewati bagian mesin yang tidak dapat dilewati oleh oli berkemampuan mikro“, pernah? Nah, itu karena nano ukurannya memang lebih kecil dibandingkan mikro daaaan semakin kecil ukuran suatu bahan maka semakin tinggi pula energi yang dibutuhkan untuk mendapatkannya. Mari mainkan imajinasi :mrgreen: Sebuah tusuk gigi jika dipatahkan menjadi dua adalah urusan yang sangat mudah bukan? Tapi bagaimana jika pematahan tusuk gigi tersebut dilakukan secara terus menerus hingga tidak dapat dipatahkan lagi? Usaha mematahkan tusuk gigi tersebut secara terus menerus hingga menjadi bagian yang paling kecil tentu lebih besar dibandingkan saat kita mematahkan tusuk gigi itu menjadi dua, Kenapa lebih sulit? Karena ukurannya semakin kecil. Karena ukurannya yang kecil, dibutuhkan usaha yang lebih besar untuk menjadikannya lebih kecil lagi  😀
  2. Mengapa muatan yang bertumbukan harus berlawanan? Supaya terjadi gaya tarik menarik antara kedua partikel elementer tersebut. Jika sejenis, jangankan tumbukan, untuk tarik menarik saja tidak akan terjadi. Partikel yang digunakan untuk mendapatkan partikel Higgs Boson bisa elektron dengan positron, elektron dengan proton atau proton dengan anti proton.

Mengapa partikel ini sangat penting? Jawabannya karena partikel ini membuktikan bahwa sebuah partikel itu memiliki massa. Dan, apa pentingnya massa pada sebuah partikel? Jadi, partikel adalah penyusun atom, kita tau itu dari kimia SMA kan? Atom adalah penyusun terkecil yang menyusun materi yang lebih besar. Apa materi yang lebih besar itu? Semua benda yang ada di alam semesta termasuk kita, manusia dan manusia adalah bagian terkecil dari alam semesta. Singkatnya, alam semesta terdiri dari milyaran partikel dan partikel itu harus memiliki massa, jika tidak memiliki massa maka tidak akan terbentuk alam semesta, jika tidak ada alam semesta, tidak ada kita, korelasinya seperti itu (jangan bingung, please >.<). Itu mengapa partikel Higgs Boson ini sangat penting dan penemuannya beberapa waktu lalu sangat menguncang dunia. Tapi jika partikel ini ternyata tidak ada, maka teori yang saya jabarkan ini akan musnah dan berganti dengan teori baru. Seperti konsep Black Swan. “seluruh angsa itu berwarna putih maka tidak ada angsa dengan warna lain” tetapi jika ditemukan angsa hitam, maka konsep tersebut akan hilang berganti dengan “angsa mayoritas berwarna putih tetapi ada pula yang berwarna hitam“. Itulah fisika, selalu mencari masalah untuk mengungkap jagad raya dan setiap suatu konsep itu terbukti, selalu bisa dihubungkan dengan ayat-ayat suci Al-Qur’an 🙂 Subhanallah.

Seluruh informasi ini didapatkan dari “Seminar Partikel Tuhan dan Nasib Jagad Raya” yang dilaksanakan di  Rektoran ITS Surabaya, 18 Juli 2012. Silahkan klik link yang tersedia untuk memberikan gambaran tentang apa yang saya bahas disini :mrgreen:

43 thoughts on “God(damned) Particle

  1. Beberapa minggu lalu, saya sempat bertemu sama Pak Yohannes Surya, dan beliau juga menjelaskan mengenai partikel yang satu ini. Isinya kurang lebih sama, dengan perbedaan ini: beliau mengatakan bahwa Higgs Boson adalah partikel dengan kemampuan membentuk massa. Berkaitan dengan energinya yang sangat tinggi serta gerakannya yang secepat cahaya, energinya yang sangat besar tersebut teradiasi dari partikel, dan akhirnya membentuk massa sendiri – perwujudan dari E = mc^2.

    Itulah, sebabnya, partikel ini disebut sebagai ‘Partikel Tuhan’. God Particle. Partikel yang menciptakan massa. Pak Yo sendiri ga cerita-cerita sama sekali mengenai buku Goddamned Particle.. Dan jujur, saya sendiri sangat penasaran dan ingin mencari tahu lebih banyak. Sayangnya, bidang Fisika sudah bukan bidang studi saya lagi 🙂 Mungkin kalau saya masuk di bidang Fisika di universitas, saya masih bisa mencari dan mendalami, serta mengerti lebih banyak lagi. Tapi untuk sekarang… yang saya pelajari adalah Fisika Kayu saja, hkeke.. :mrgreen:

    • saya maunya menerangkan kayak yang Al terangin, tapi aku nerangin gini aja banyak yang ga ngerti, padahal di catatan saya apa yang diterangin Al ada semua 🙄

      kalau saya dijelasinnya, jika alam semesta adalah jawabannya maka apakah pertanyaannya? itu mengapa keberadaaan God Particle benar-benar dicari karena untuk membuktikan bahwa setiap partikel memliki massa, jika ada massa ada alam semesta, intinya begitu. thanks for share Al 😀

  2. hmmmmm…
    akhirnya posting juga tentang satu ini….
    tau gk knp saya gk pernah koment???
    nunggu post ttg ini muncul baru koment heheee…

    selamat buat tiara yaa….
    biasanya saya malas baca postingan yang panjang dan lebar, tapi karena ini request saya, pake acara di cantumin lagi nama saya…
    saya baca semua postingan tiara diatas, setiap kata….
    daaan… dua jempol imut saya buat tiara……

    saya suka istilah “black swan”

    • wkwk suka walau ga mudeng ya mas 😆

      sip deh, jempolnya saya bawa pulang #loh?

      iya, saya dapat istilah itu dari mana juga saya lupa, suka aja makanya saya cantumin :mrgreen:

      • loh atom itu penyusun materi mas. kalau nano tuh satuan, kayak kilo, hekto atau centi, tapi ukuran nano lebih kecil gitu 🙂

      • atom itu penyusun sebuah benda mas. Jadi kayak air ya, air kan rumus kimianya H2O, itu berarti air terdiri atas atom H(hidrogen) dan atom O (oksigen).

        beda sama nano. Nano itu satuan mas, biar lebih jelasnya mas klik aja link satuan SI. Disitu dijelasin maksudnya nano itu apa 🙂

  3. wow penemuan ini pastilah sangat penting karena saya bingung berusaha memahaminya. 😆
    terus kenapa disebut partikel Tuhan ya? apa karena gak ada massanya? 😕

    • saya juga bingung bikin nih postingan biar dimengerti sama yang bukan orang fisika 😦

      ya kayak yang saya ceritain di prolog. Awal namanya Goddamned Particle, tapi damned dihapus >> God Particle. Jadi sebenarnya hanya sekedar penamaan saja, ga ada hubungannya dengan Tuhan. Nah, si God Particle ini jadi patokan bang. Kalau dia ada, berarti teori bahwa partikel yang ada di seluruh jagad raya ini memiliki massa adalah benar. Kalau ga ada, berarti partikel ga ada massanya, gitu. Ribet ga 🙄 ?

  4. sangking cintanya dengan fisika tidak membuat cintamu pudar kan mba? #eh 😆
    apapun kecintaan kita terhadap sesuatu, pastinya itu karena Alloh. 🙂
    Seminar Partikel Tuhan dan Nasib Jagad Raya TOp deh. . . ^_*

monggoh komentar , tapi yang sopan yah :)

