Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya. Apa yang tercetus di fikiran anda ketika mendengar nama perguruan tinggi terkenal yang satu ini? Teknik? Kampus dengan mayoritas kaum Adam? Cuk? atau apapun yang ada di fikiran Anda (jika sesuai dengan beberapa hal yang saya tuliskan di atas) ,ternyata memang merupakan gambaran umum untuk institut yang satu ini. Institut yang namanya sama dengan Hari Pahlawan dimana hari itu terjadi di Surabaya hingga kota kita tercinta ini dikenal dengan nama Kota Pahlawan memang identik dengan mahasiswa teknik. Kenapa? karena jurusan pertama yang ada pada institut ini adalah Teknik Sipil dan Teknik Mesin sehingga stigma masyarakat yang memandang ITS sebagai kampusnya para lelaki dimana lelaki identik dengan jurusan teknik memang tidaklah salah.

Dari tahun ke tahun ITS mengembangkan jurusan teknik yang dimilikinya hingga kini menjadi 22 program studi yang dikelompokkan lagi menjadi 5 fakultas. Namanya saja institut teknologi, tentu semua jurusan yang ada disini memiliki dasar yang sama yaitu sains. Itu mengapa saat saya dulu masih memakai seragam putih biru, saya memiliki anggapan bahwa kampus untuk mahasiswa sains itu ya ITS dengan mayoritas kaum lelaki yang good looking sedangkan yang berminat di ilmu sosial ya di UNAIR dengan mayoritas gadis yang hobinya dandan (oops!) .

Lambang ITS jika dilihat sekilas akan mengingatkan Anda pada Tugu Pahlawan. Sepertinya ITS penuh dengan atmosfer kepahlawanan ya? Entah itu melihat dari segi nama institut, tanggal kelahirannya yang resmi yaitu 10 November 1960 walau secara tidak resmi sebenarnya ITS lahir tiga tahun sebelum peristiwa Jembatan Merah itu atau dilihat dari lambangnya, ITS identik sekali dan sangat cocok dengan Surabaya, ikon heroisme Indonesia. 

Lambang yang sempat heboh beberapa waktu lalu karena dijiplak oleh Rusia ini ternyata memiliki filosofi. Menurut yang saya baca pada blog mas Fajar Nurrahman, salah seorang mahasiswa Teknik Elektro ITS yang juga mendapatkan info ini dari website kampusnya, lambang ini artinya adalah :

Logobram : Gambar roda gigi-Tugu Pahlawan-bunga Wijayakusuma dalam perisai yang berarti semangat untuk membangun kompetensi mahasiswa dalam bidang teknologi

Warna biru ITS : Menggambarkan visi ITS yang luas dan setinggi langit sehingga mampu beradaptasi terhadap perubahan.

Logotype ITS : Mempertegas arti kekuatan sejarah, pengalaman serta senioritas ITS di bidang teknologi dengan daya saing yang tinggi
Lalu, ada apa dengan Cuk? oh tenang, saya tidak mengumpat kok. Ini memang slogan ITS yang artinya Cerdas, Ulet, Kreatif. Tapi slogan ini telah berganti menjadi Cak yaitu Cerdas, Amanah, Kreatif. Pak Rektor ITS yang ternyata mantan Ketua Himasika ( bangga ya warga Himasika 😀 ) ingin slogan yang lebih enak di dengar karena jika Cuk kesannya seperti mengumpat :mrgreen:
tulisan ini diikutsertakan pada Physics Blog Competiton 2012
Advertisements

12 thoughts on “Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

      • Tapi q menikmati proses yg ku jalani selama ini, mengingat tidak semua org bisa mengeyam bangku kuliah apalagi di kampus perjuangan its.. 😀

        salam kenal, dari kampus tetangga ya. 🙂

      • hihii, salam kenal juga 😀
        di jurusan saya juga sama kerasnya kok kayak ITS. mungkin kiblat mereka memang kampus jenengan :s

      • Yupz.. aq pikir semua kampus sama beratnya bagi mahasiswa.. problemnya hampir sama mulai dari jauh dari orang tua, kiriman telat datang, mandiri (makan mandi sendiri), asistensi ke doli (dosen wali), atau pulang pergi sda-sby (waw!!).. berat kan, tapi itu lah “nikmatnya” kuliah.. mungkin tahun depan aq gk ngerasain itu lgi (hhe maaf curhat dikit)..

      • hihiii, iya dinikmati walau dengan tekanan sebesar ini. di dunia yang selanjutnya pasti akan lebih keras lagi 🙂
        makasih curcolnya mas 😀

monggoh komentar , tapi yang sopan yah :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s