Mengapa BBM Naik?

Info bagus hasil copas status Facebook salah seorang teman jurusan S1 Kimia UNAIR 🙂

Seputar pembuatan minyak, pernah kepikir gak kenapa sih bensin itu mahal? *sekedar wawasan, biar pikiran kebuka*

1. Harga minyak mentah dunia meroket guys, lebih dari 100 dollar per barrel. Indonesia memang penghasil minyak, tapi pada tau gak kalo yang kuasain sumur2 itu kebanyakan perusahaan luar? (Chevron dll) jadi kalo Pertamina mau olah tu minyak juga harus beli lho!! Makanya harga minyak mentah pengaruh banget ma harga bensin kita. Kita juga impor arabian crude oil buat produksi pelumas dan lilin serta aspal.

2. Pengolahan crude jadi bensin itu mahal coy. Selain ribet, harus di destilasi dan di striping, dia juga buth reforming *penaikan bilangan oktan* biar oktannya sesuai. Dan itu MAHAL. Butuh katalis (satu drum = 300 juta) padahal d reaktor ada 700 m3 katalis yang berarti bisa ratusan drum. Dan itu diganti tiap bulan minimal 1 drum. Belum lagi butuh daya besar untuk bangkitin energi penjalan pabrik.
*Pengalaman Magang di Pertamina Refinery Unit 3*

Jadi kalo harga menjadi 6000an per liter itu udah termasuk MURAH. Ya bayangin aja. Harga mentahnya aja 100 dollar per barrel (1 barrel = 160 liter) berarti 1 liternya 5600 rupiah. Belum Diolah lho itu. Harusnya harga bensin itu 11000an agar pabrik untung. Emang kita disubsidi sama pemerintah, tapi apa iya mau manja2an mulu? Gak malu? Udah manja2an, masih
protes2 pula. Jadi BE SMART ya..

23 thoughts on “Mengapa BBM Naik?

  1. Saya berpikir segala yang dilakukan orang yang di atas itu pada dasarnya tidak ada yang mau merugikan rakyat. Hanya saja mereka kebanyakan bohongnya jadi rakyat gak peduli dengan derita pemerintah juga…

  2. betul, teori perdagangan luar negeri nih. saya juga setuju bbm naik, karena memang harga minyak dunia sudah $120/barel.
    saya heran kenapa media tidak ada yang menyinggung penyebab harga minyak naik, sehingga banyak masyarakat tidak tahu kalau bbm perlu dinaikkan.
    apalagi mahasiswa, padahal kan mereka intelek. harusnya sadar ini bisa mengganggu pertumbuhan ekonomi…
    ijin copy mbak.. saya suka tulisannya..

    • kembali ke kemandirian SDM Indonesia. toh “kebijakan” yang selama ini diambil memang sudah rahasia umum kalau semua keputusan akan bermuara hanya untuk kepentingan pihak-pihak yang lebih “berkuasa” .
      ya saya ga seberapa pintar debat tentang negara yaa, hehee. jadi saya melihatnya dari segi sains saja. kalau embel-embel lainnya, aduh maaf, saya ga expert disitu, karena sekali lagi saya hanya ingin membagi ilmu tentang proses pembuatan BBMnya, fokus saya posting ya disitu. masalah brain wash seperti kata Pak Kwik, itu bukan ranah dan tujuan penulisan saya mas Puguh 🙂

      • jujur sih mbak saya tuh sebenarnya ya setuju2 saja klo BBM naik , lagi pula entah naik atopun tidak, nggak ada efeknya kalo kita sendiri nggak pengen ngerubah nasib kita sendiri, jadi ya klo BBM nggak naik kitanya ttp santai dan males2an ya sama saja 😀

        asalkan kalo demo gak usah sok2an membela wong cilik, apalagi kalo bawa2 atribut partai segala :p

      • hihii iya, daripada demo baiknya beri solusi nyata, misal cari bahan baku pengganti, atau lebih mandiri untuk mengelola kekayaan alam, daripada teriak-teriak di tengah jalan, ga ada hasil malah bikin masyarakat lainnya rugi(penjarahan toko misalnya) atau tidak nyaman 😦

  3. wah begitu ya “tapi nasib perekonomian kita kan tergantung pada pemerintah” pertamina milik pemerinta kan, masih cari untung ya, trus untungnya buat??? – apa pembangunan, pembangunan untuk apa ??? un tuk rakyatkan, subsidi disara lebih dapat dirasakan oleh masyarakat dibanding pembangunan yang kebanyakan di kor**psi

    hadouhhh kok jadi ngedumel, iya kita memang harus bersyukur pemerintah masih berbaik hati memberikan subsidi – terima kasih indonya mbak tiara kerennn d(^o^)

    • iya, saya mah kalau masalah politik dan segala macam seperti komen mas eko diatas, saya ga ngerti, suer dehh. saya ga mau ikut mengeluh, karena itu saya melihatnya dari sisi yang berbeda aja. soalnya saya pribadi kalau mau ikutan menyalahkan pemerintah malah bikin hati saya capek hehe. buat saya, protes itu harus punya solusi, jadi kalau ga punya solusi, baiknya diam saja 😀

monggoh komentar , tapi yang sopan yah :)

