Hasil Presentasi Fisika Eksperimental Lanjut

Terapi Intra Vena

Pemilihan jenis botol infuse disesuaikan dengan pertimbangan waktu, jumlah dan kebutuhan akan jenis larutan yang dibutuhkan. Kecepatan aliran cairan infus harus disesuaikan dengan kondisi pasien. Aliran cairan infuse terjadi karena perbedaan tekanan antara tekanan yang ada pada botol infuse dengan tekanan diastole pasien. Tekanan pada infuse haruslah bernilai lebih tinggi dari tekanan diastole pasien. Jika tekanan pada infuse lebih rendah dari tekanan diastole pasien maka darah pasienlah yang akan megalir menuju tempat yang tekanannya lebih renda yaitu botol infuse. Kecepatan aliran pada selang infuse juga harus diperhatikan. Pemasangan klem penjepit berfungsi untuk mereduksi kecepatan aliran infuse tersebut. Kecepatan aliran cairan infuse bergantung pada ketinggian botol infuse. Semakin tinggi letak botol infuse maka akan semakin laju pula aliran cairan infuse.

***

Pengukuran Konsentrasi Larutan dengan Sensor Keping Kapasitor Keping Sejajar

Larutan yang digunakan adalah larutan gula, larutan garam dan aquades. Dari ketiga larutan ini, diberi perlakuan sama, yaitu diuji dengan kapasitansi meter digital yang memiliki sensor keping sejajar dengan kepekatan cairan yang berbeda-beda.

Perlu diketahui, keping sejajar ini dilapisi isolator pada ujung keping yang bertujuan untuk menghindarikesalahn ukur kapasitansi akibat perubahan nilai konduktansi yang berbeda-beda. Sehingga tidak ada aliran listrik antara kedua keping. Yang ada diantara kedua keping itu adalah medan listrik.

Dari hasil praktikum dan perlakuan regresi linear, didapatkan hasil bahwa larutan garam memiliki nilai konduktansi yang lebih besar dibandingkan dengan aqudes, dan aquades memilki nilai konduktansi yang lebih besar dibandingkan larutan gula.

Larutan garam(NaCl) merupakan larutan elektrolit yang dapat terionisasi menjadi ion-ion yang mampu menyimpan muatan dan kemudian menjadikan muatan yang telah tersimpan tersebut untuk menghantarkan listrik. Sehingga, semakin pekat larutan garam, maka semakin banyak muatan yang tersimpan,ini berarti semakin besar nilai konduktansinya dan kemampuan untuk menghantarkan listrik pun semakin besar.

Berbeda dengan larutan gula(C6H12O6) yang bukan larutan elektrolit. Larutan ini termasuk senyawa polar yang berarti tidak memiliki kutub (+) dan (-). Karena ia tidak memiliki kedua kutub tersebut (tidak seperti NaCl) sehingga ia tak mampu menyimpan muatan dan menghantarkan listrik dengan baik.

Mengapa aquades memiliki nilai konduktansi lebih besar daripada larutan gula? Ini karena aquades (H2O) memiliki kutub (+) dan kutub (-) sehingga ia merupakan senyawa polar. Sehingga ia mampu menyimpan muatan dan menghantarkan listrik. Walau tak sebaik larutan gula yang merupakan kapasitor baik karena termasuk larutan elektrolit, tapi aquades merupakan senyawa polar yang mendukungnya untuk menjadi kapasitor yang cukup baik.

Sehingga dapat disimpulkan,Kapasitansi dan konsentrasi tidak sebanding. Korelasi antara kapasitansi dan korelasi sangat bergantung pada ke-elektrolitan sebuah larutan, bahasa yang lebih mudahnya, tergantung pada konstanta dielektriknya.(koreksi dari tutus, makasih πŸ˜€ )

Β Β Taraf Intensitas Ambang Dengar Manusia

#FEL adalah kepanjangan dari Fisika Eksperimental Lanjut yang merupakan salah satu mata kuliah dengan bobot 2 SKS. ada 4 laboratorium yang memiliki kekhasan masing-masing, biofis, radiasi, material dan optik. saat ini saya baru kebagian lab.biofis dan ini hasilnya. masih banyak kekurangan dan kesalahan, mohon kemaklumannya. benarkan saya jika saya salah πŸ™‚

Advertisements

15 thoughts on “Hasil Presentasi Fisika Eksperimental Lanjut

  1. ralat Fiq yang percobaan kapasiitor keping sejajar. Kapasitansi dan konsentrasi tidak sebanding. Korelasi antara kapasitansi dan korelasi sangat bergantung pada ke-elektrolitan sebuah larutan, bahasa yang lebih mudahnya, tergantung pada konstanta dielektriknya.

monggoh komentar , tapi yang sopan yah :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s