Kerja Sambilan Saya Sebagai Rewang

buat yang bukan orang Jawa , pasti bertanya-tanya apakah rewang itu πŸ™‚ Rewang adalah bahasa Jawa halus (krama inggil) yang artinya bantu , tapi itu dalam bentuk kata kerja . sedangkan dalam hal ini rewang artinya orang yang melakukan bantu-bantu . jadi , dalam bahasa inggrisnya servant , sedangkan bahasa indonesianya asisten rumah tangga .

nah , mbak yang biasa bantu-bantu dirumah eyang saya harus pergi karena harus mengurus anak dan cucu yang kebetulan seumuran , 3 tahun . jadilah saya sebagai cucu perempuan tertua harus rela berkorban demi eyang tercinta untuk menggantikan mbak rewang secara sukarela tentunya . semua urusan rumah tangga (kecuali masak) saya yang handle . kasian juga sih , eyang saya yang sudah 75 tahun harus masak buat saya dan beliau sendiri tentunya . tapi saya ga bisa masak 😦 apalagi dilihat dari jam masuk kuliah(saya sebagai mahasiswa) dan harus beraktivitas ini dan itu (saya sebagai helper) jelas ga cukup .

saya punya ambisi untuk memperbaiki nilai IP saya semester ini . saya mau fokus kuliah dan hanya pegang 1 siswa untuk dijadikan murid les privat . eh ternyata , ada tambahan tugas untuk saya , menjadi helper di rumah eyang . ya ya , saya ikhlas , saya jadi lebih dituntut untuk bisa me-manage waktu dengan baik biar semuanya bisa saya handle dengan baik pula . tapi , kadang saya capek buat melakukan itu semua tanpa jeda istirahat . humh , takut program perbaikan IP gagal karena diembani bejibun tanggung jawab . eyang saya dengan umur segitu masih curi-curi supaya bisa merokok padahal sempat sekali stroke dan sebulan yang lalu serangan jantung . belum tugas-tugas kuliah saya yang datangnya kroyokan . gimana saya mau total buat mengerjakan tugas yang notabene jika saya kerjakan sendiri tanpa tuntunan dari teman-teman sama dengan ngawur kalau tiap megerjakan tugas di kampus pikiran saya di rumah ? kayak punya bayi kalau dipikir-pikir (kayak pernah punya bayi aja sotoy :p ) . saya bingung , kuliah sudah semester 5 , kalau IP tetap seperti ini mau jadi apa saya ? kapan lulusnya ? tapi kalau saya melepas tanggung jawab terhadap eyang saya , ya ga tega juga . karena eyang saya ga gampang percaya sama orang , jadi untuk menemukan helper baru itu probabilitasnya 25% . saya dilema . satu-satunya yang buat saya dilema berat adalah IP yang takutnya tak kunjung meningkat 😦

20 thoughts on “Kerja Sambilan Saya Sebagai Rewang

  1. Kl boleh sedikit koreksi, kegiatan yg Fiqih tulis diatas, dalam bahasa jawa krama inggil lebih cocok disebut sebagai ‘ngrewangi’ yg dlm bhasa inggris dikenal sbg adjunct. cmiiw, karena koskata “rewang” sendiri dlm bahasa jawa lbh identik dengan ‘kegiatan membantu orang lain yg punya hajat’. Misalnya kata ‘rewang manten’ artinya kita bantu2 (kegiatan apapun) di rumah orang yg sdg punya hajatan pernikahan/manten. Misalnya lagi kata “rewang sunatan” artinya kita bantu2 (kegiatan apapun) di rumah orang yg sdg punya hajatan mengkhitankan putranya/ sunatan. cmiiw

    Maaf kl terkesan ribet, tapi aku paling ribet kl urusan penggunaan bahasa Jawa, krn sebagai sarana edukasi agar generasi muda sekarang lebih mengenal bahasanya sendiri

      • Memang dalam konteks obyek, seorang pembantu rumah tangga disebut sebagai seorang ‘rewang’, yg tugasnya ngerewangi alias membantu pekerjaan rumah tangga. Jd penggunaannya ya spt yg sudah tak sebut diatas itu πŸ™‚

        Btw, kata “monggoh” diatas itu yg bener “monggo” lho πŸ˜› Kan ada coklat monggo yg buatan Jogja, dan bukan coklat monggoh untuk mereknya kan? πŸ˜€

  2. Ternyata dirimu lagi berjuang berat ya dikampus :))

    kirain doing fine2 aja, @.@, moga sukses deh target IPnya…
    wish u all the best.

  3. Pingback: PR dari Mas Gandi « it's colorful , it's my world

monggoh komentar , tapi yang sopan yah :)

