Akademi dengan Ikatan Dinas

Assalamualaykum :)

hari ini sebenarnya saya berniat buat tidur lebih awal, entah sugesti karena praktikum hari ini membuat saya terpapar radioaktif yang katanya memberi efek yang tak baik pada tubuh atau memang kondisi tubuh yang sedang kurang baik, yang pasti saya ingin cepat-cepat mengeletakkan tubuh di kasur. tapi, internet mengalihkan duniaku :mrgreen: . akhirnya saya tergoda untuk membagikan info tentang opsional jika para adik lulusan SMA/SMK sederajat yang tidak ingin melanjutkan kuliah, melainkan mencari pendidikan D3 dengan ikatan dinas. kenapa kok tiba-tiba saya punya ide ini? satu, karena saya dulu sempat berkeinginan meninggalkan S1 Fisika dan beralih ke opsi itu. kedua, karena mesin pencari pada blog saya tercinta ini mencatat bahwa banyak yang tersasar ke blog saya dengan kata kunci “BMKG” , “bagaimana bisa bekerja di BMKG”. mungkin karena postingan saya saat PKL yang ini, sehingga mereka tersasar kesini. maaf ya :mrgreen: . jadi sekarang saya akan membagikan info tentang akademi pendidikan D3 yang ada di Indonesia yang saya ketahui memiliki ikatan kerja dengan dinas yang bersangkutan.

Pada umumnya, bersekolah di sekolah dengan ikatan dinas itu lebih banyak menguntungkannya. selain karena siswa mendapat uang saku, uang pangkal awal masuk juga masuk akal. maksudnya masuk akal disini, masih dalam batas wajar untuk harga sebuah pendidikan. inilah beberapa akademi yang saya ketahui :)

  1. Akademi Meteorologi dan Geofisika

Ini nih akademi yang pengen banget saya masukin jaman dulu lulus SMA sebelum saya keterima di UNAIR. secara umum, semua akademi dengan ikatan dinas memiliki tiga bulan masa DasMil atau Dasar Militer. BMKG yang merupakan bapaknya AMG dulunya berada dibawah naungan Dinas Perhubungan, tapi sekarang berdiri sendiri dan melepaskan diri dari Dinas Perhubungan. para taruna/taruni AMG akan menjalani pendidikan selama setahun. ada empat penjurusan di akademi ini yaitu meteorologi, klimatologi, geofisika dan instrumentasi. setelah pendidikan selama setahun, mereka akan disebar ke seluruh kantor Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika se-Indonesia untuk mengaplikasikan ilmunya selama setahun. masa magang berakhir, mereka pun kembali lagi ke AMG untuk menyelesaikan studi selama satu atau dua tahun (saya lupa). dan, setelah selesai masa pendidikannya, mereka pun akan ditempatkan di BMKG se-Indonesia sesuai dengan kontrak awal.

2. Akademi Imigrasi

Akademi ini memiliki ikatan dinas dengan Departemen Hukum & Hak Asasi Manusia. saya dulu sempat tes masuk akademi ini. Lulus pada tes administrasi namun gagal saat tes fisik. karena sehari sebelum tes fisik, saya baru saja turun gunung, itu, ehm, ospek -_- . jadi kondisi tubuh menurun, drastis tis tisss. tes yang terakhir yaitu psikotes tidak sempat saya cicipi. tapi menurut kakak sepupu saya yang lulusan AIM, tahun ini tidak dibuka pendaftaran untuk taruna/taruni baru. pendaftaran ditutup sampai tahun 20.. (lagi-lagi saya lupa).

3. Akademi Kimia Analisis

Sempat terfikir untuk bersekolah disini karena kecintaan saya terhadap kimia saat SMA yang sangat besar, tapi, saya sudah terlanjur diterima di kampus saya yang sekarang, saya malas untuk menjalani tes lagi :mrgreen: . AKA bekerjasama dengan instansi pemerintah yaitu Dinas Industri. pendidikan D3 pada akademi ini dikhususkan untuk penelitian.

4. Sekolah Tinggi Sandi Negara

Mengapa saya tertarik dengan sekolah ini dulu? karena saya suka baca Detective Conan :lol: . parah kan? saya kira sandi disini seperti sandi jaman pramuka dulu atau sejenis sekolah untuk menjadi seorang detektif, tapi saya salah! sekolah ini justru berat sekali. disini kita digembleng untuk dapat menjadi intel yang menjaga kerahasiaan negara dalam bentuk sandi. apakah ini seperti Sang Ahli Simbol, Robert Langdon? hehee. sekolah ini tentu ranahnya sangat luas, mengingat sandi bisa dalam bentuk apa saja. apalagi jika ini menyangkut keamanan nasional, bisa dibayangkan susahnya sekolah ini?

baru empat akademi yang saya bagi (tapi banyak cerita saya-nya daripada akademinya :lol: ), dan semuanya adalah pendidikan D3. kita bisa meneruskan ke S1 yang sesuai dengan ilmu terkait dengan beasiswa loh ;) jadi sebenarnya bersekolah di akademi yang memiliki ikatan dinas itu lebih banyak menguntungkannya. memang jauh dari orang tua adalah risiko yang biasanya menyebabkan orang tua berfikir dua kali untuk memberi izin, ditambah dasar militer selama tiga bulan, dan hambatan-hambatan lainnya tentu sangat nyata ada, tapi bagi kawan blogger yang ingin bersekolah tapi tidak mau lagi menyusahkan orang tua,  harga pendidikan yang masuk akal ditambah uang saku setiap bulannya, dapat jaminan pekerjaan pula, mungkin ini opsi yang bisa kawan pilih. baik buruknya lagi, silahkan ditelaah kembali karena ini hanya opini saya. semua pilihan ada konsekuesinya :D

karena saya hanya menceritakan empat, akademi lainnya dapat Anda lihat disini. walau tak lengkap, saya harap dapat memberi sedikit gambaran tentang pilihan untuk melanjutkan pendidikan sesudah SMA/SMK selain ke universitas atau bekerja dengan ijazah SMA/SMK(tanpa mengecilkan makna ijazah tersebut). akhir kata, barakallah untuk kita semua :)

44 thoughts on “Akademi dengan Ikatan Dinas

monggoh komentar , tapi yang sopan yah :)

